KAI Divre III Palembang Siapkan Layanan Kebersihan Optimal Sambut Angkutan Lebaran 2025



Liputanseputarpalembang.com
Palembang – Menjelang masa angkutan Lebaran Idulfitri 2025, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bagi para pelanggan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan kebersihan dan keindahan (K2) di stasiun serta rangkaian kereta api melalui pembekalan dan penyegaran pengetahuan bagi petugas kebersihan.

Manager Humas KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti, menyampaikan bahwa pembekalan ini bertujuan untuk memastikan standar kebersihan di area stasiun dan dalam kereta tetap terjaga selama periode angkutan Lebaran. Pelatihan ini mencakup materi terkait service on board cleaning dan cleaning building service yang menitikberatkan pada peningkatan kualitas kebersihan dan kenyamanan pelanggan.

"Kami ingin memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman perjalanan yang nyaman, bersih, dan berkesan selama Angkutan Lebaran 2025. Oleh karena itu, kesiapan layanan kebersihan menjadi salah satu prioritas utama kami," ujar Aida.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pembekalan ini diberikan kepada kepala dan pengawas kebersihan stasiun, petugas on-trip cleaning (OTC) yang bertugas selama perjalanan kereta, serta petugas pencucian kereta. Para petugas mendapatkan pelatihan khusus untuk memastikan seluruh aspek kebersihan dikelola secara efektif, terutama dalam menghadapi lonjakan jumlah penumpang selama musim mudik 



Selain pelatihan teknis, dalam pembekalan ini juga dibahas berbagai tantangan yang mungkin terjadi selama angkutan Lebaran, seperti meningkatnya kebutuhan pelanggan akan fasilitas kebersihan, kemungkinan kerusakan fasilitas, serta potensi keluhan terkait kebersihan. Evaluasi kinerja dan diskusi mengenai tugas di stasiun maupun dalam kereta turut dilakukan untuk mengoptimalkan layanan.

Saat ini, KAI Divre III Palembang mengelola kebersihan di 33 stasiun serta dua rangkaian KA reguler, yaitu KA Bukit Serelo dan KA Sindang Marga relasi Kertapati-Lubuklinggau, serta pengawasan pencucian KA Rajabasa relasi Kertapati-Tanjungkarang. Guna memastikan kebersihan tetap optimal, KAI Divre III Palembang telah menyiapkan total 142 petugas kebersihan stasiun, 17 petugas OTC, dan 26 petugas cuci kereta.

Aida menegaskan bahwa fokus pada kebersihan dan keindahan ini merupakan bagian dari komitmen KAI dalam menghadirkan layanan transportasi yang tidak hanya aman dan tepat waktu, tetapi juga memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi para pemudik.

"Kami berkomitmen untuk terus menjaga kebersihan stasiun dan kereta, terutama pada masa angkutan Lebaran ini, guna menghadirkan perjalanan mudik yang menyenangkan dan semakin berkesan," tutup Aida. (Manda) 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Baca juga

TEKNO